Apa itu Nama Domain dan Sub Domain?

Apa itu Nama Domain dan Sub Domain?
by

Apa itu Nama Domain? Sebuah nama domain adalah nama unik untuk situs web, seperti albennet.com, facebook.com, google.com dll. Nama domain harus terdaftar. Ketika nama domain yang terdaftar, mereka ditambahkan ke nama domain besar . Selain itu, informasi tentang situs web, termasuk alamat IP, disimpan pada server DNS.

DNS singkatan dari Domain Name System. Sebuah server DNS bertanggung jawab untuk menginformasikan semua komputer lain di Internet tentang nama domain dan alamat situs web.

Mendaftarkan Domain
Domain dapat didaftarkan dari penyedia layanan Hosting dan Register Domain.

Perusahaan-perusahaan ini menyediakan interface untuk mencari nama domain yang tersedia, dan mereka menawarkan berbagai ekstensi nama domain yang dapat didaftarkan pada waktu yang sama.

Memilih Nama Domain
Memilih nama domain adalah langkah besar bagi setiap individu atau organisasi.

Ekstensi nama domain baru dan berpikir kreatif masih menawarkan ribuan nama domain yang sangat baik!

Ketika memilih nama, penting untuk mempertimbangkan tujuan dari sebuah nama domain, yang adalah untuk memberikan cara mudah untuk mencapai situs web Anda (hampir sama dengan pemberian nama Anak, Nama Toko/perisahaan atau yg lainnya yg mengandung Makna).

Domain terbaik memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Pendek – Orang tidak suka mengetik! Sebuah nama domain yang singkat lebih mudah untuk mengetik, membaca, dan mengingat.
  2. Bermakna – Sebuah domain pendek adalah yang bermakna, 957iljas.com tidak mudah untuk mengingatnya. Pilih domain yang berhubungan dengan situs Anda dengan cara yang orang akan mudah dimengerti.
  3. Jelas – Kejelasan ini penting ketika memilih nama domain. Hindari nama yang sulit untuk mengeja atau mengucapkan.
  4. Exposure – Nama yang singkat dan mudah diingat adalah aset. Selain pengunjung, juga mempertimbangkan mesin pencari. Indeks mesin pencari situs Anda dan peringkat untuk relevansi terhadap istilah orang mencari. Dalam rangka untuk memaksimalkan pemaparan situs Anda, pertimbangkan termasuk istilah pencarian yang relevan dalam domain Anda. Tentu saja, hanya mempertimbangkan ini jika masih mempertahankan pendek, jelas dan bermakna nama domain.

Sub Domain
Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka menggunakan sub domain sehari-hari. Yang terkenal “www” dari World Wide Web adalah contoh dari sub domain. Sub domain dapat dibuat pada server DNS, dan mereka tidak perlu terdaftar dengan registrasi nama domain, tentu saja, nama domain asli harus terdaftar sebelum sub domain dapat dibuat.

Contoh sub domain yang digunakan di internet adalah http://store.apple.com dan http://support.microsoft.com.
Sub domain dapat diminta dari penyedia web hosting Anda.

Sumber lain untuk pendaftaran domain expired domain.

Ketika Anda mendaftarkan domain, menganggapnya sebagai sewa, dengan asumsi tidak ada masalah hukum atau merek dagang dengan nama domain, Anda bebas untuk menggunakannya selama Anda terus membayar biaya tahunan (sekarang Anda bisa mendaftar di muka Sebanyak 10 tahun). Beberapa orang mendaftarkan domain sebagai spekulan, berharap bahwa mereka kemudian dapat menjual, sementara yang lain mungkin telah merencanakan untuk menggunakan domain dan tidak pernah punya waktu. Hasilnya adalah bahwa domain yang sebelumnya terdaftar, menjadi tersedia lagi.

Gunakan Nama Domain Anda

Setelah Anda memilih dan mendaftarkan nama domain Anda sendiri, pastikan Anda menggunakannya pada semua halaman web Anda, dan pada semua korespondensi Anda, seperti e-mail dan yang lainnya.

Hal ini penting untuk agar orang lain dengan mudah mengenali nama domain Anda, dan untuk menginformasikan mitra dan pelanggan tentang situs web Anda.

Anda membutuhkan Nama Domain dengan Registrar Terpercaya? DayaHosting lah solusinya.

Hubungi Saya

Rangga

Chief & Founder at DayaKreatif Studio
It's better to try than fail rather not trying and living in regrets
Hubungi Saya

It's better to try than fail rather not trying and living in regrets